Soal Capres, PDI Perjuangan Tunggu Instruksi Megawati Soekarnoputri

BANDUNG,- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum menentukan sosok yang akan maju dalam pemilihan mendatang.

Saat ini, sejumlah kader PDI Perjuangan, seperti Puan Maharani, Ganjar Pranowo hingga Tri Rismaharini santer diberitakan akan maju pada Pilpres 2024.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono menyebut, pemilihan sosok yang akan maju pemilihan presiden merupakan hak preogatif Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sementara, untuk pilkada melalui mekanisme penjaringan dan penyaringan dari bawah dan diputuskan oleh Ketua Umum dan DPP.

“Kalau di PDI Perjuangan sudah memiliki mekanisme tersendiri dalam memilih siapa-siapa yang akan maju dalam pilpres. Semuanya merupakan hak prerogatif Ibu Ketua Umum,” ujar Ono, usai diskusi media Road to Pilpres 2024: Survei, Konvensi, atau Jalan Lain? yang diselenggarakan Indonesian Politics Research and Consulting, di Jalan Merdeka, Kota Bandung, Kamis (18/11/2021).

Ono menekankan, pihaknya bakal tetap memprioritaskan kader sendiri untuk maju pada pemilihan mendatang.

Terlebih, PDI Perjuangan memiliki sosok-sosok yang mumpuni dan berkinerja bagus, baik di eksekutif maupun legislatif.

“Kami berharap kader sendiri, karena kami telah memiliki manajemen tata kelola partai, kaderisasi, dan kerja-kerja politik kerakyatan. Dengan tiga hal ini, kami tetap mengedepankan kader sendiri untuk maju, baik untuk capres maupun cawapres,” kata Ono.

Ono yang juga anggota DPR RI berharap siapapun yang
maju pada pilpres mendatang merupakan sosok yang bisa membawa kemajuan bangsa ini kedepannya.

Maka itu, waktu yang ada saat ini menjadi kesempatan bagi masyarakat termasuk partai politik, untuk mengukur kinerja para calon yang bakal berkontestasi pada pemilihan mendatang.

“Pemilihan presiden bukan untuk sosok yang coba-coba, tapi harus memiliki rekam jejak dan kinerja baik yang hasilnya terasa di masyarakat. Semoga siapa yang maju nanti bisa membangun bangsa kedepannya lebih baik lagi,” pungkasnya. (*)