Raih 43 Suara, Ardian Ditetapkan Sebagai Wakil Bupati

Lampung Utara, kabarsebelas.com – Berlangsung di ruang sidang paripurna. DPRD Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar Pemilihan dan Penetapan Wakil Bupati Lampura dengan sisa masa jabatan 2019 – 2024. Rabu (6/4/2022).

Dalam kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Lampura, Romli bersama Wakil Ketua I, Madri Daud, Wakil Ketua II, H. Dedi Sumirat dan Wakil Ketua III, Joni Saputra serta 43 dari 45 anggota DPRD Lampura. Turut hadir dalam acara itu, Bupati Lampura, H. Budi Utomo, Forkopimda, para OPD, Camat dan tamu undangan

Pantauan media ini, dalam pemilihan Wakil Bupati dilakukan dengan mekanisme voting untuk mencari suara terbanyak. Dimana dari 45 jumlah keseluruhan anggota DPRD, hanya dua orang anggota dewan berhalangan hadir, sehingga dianggap Korum.

Berdasarkan hasil pemungutan dan penghitungan suara, dari 43 suara sah, seluruh anggota DPRD Lampura yang hadir memilih pasangan nomor urut 1, yaitu Ardian Saputra. Sedangkan calon nomor urut 2, William Mamora tidak mendapatkan dukungan suara.

“Kita tetapkan Ardian Saputra sebagai Wakil Bupati Lampung Utara untuk sisa masa jabatan Tahun 2019-2024,” kata pimpinan sidang sambil mengetok Palu.

Setelah agenda pemungutan dan penghitungan suara, serta penetapan Wakil Bupati Lampura terpilih, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara.

Selanjutnya DPRD Lampura akan segera menyampaikan hasil dari pemilihan wakil Bupati kepada Menteri Dalam Negeri guna menentukan hari dan tanggal pengambilan sumpah kepada wakil Bupati terpilih.

Untuk diketahui, kedua nama calon Wakil Bupati tersebut diusulkan oleh empat partai yang tergabung dalam koalisi pengusung pasangan Agung Ilmu Mangkunegara dan Budi Utomo dalam Pilkada 2019 lalu. Yakni, PAN, Nasdem, PKS dan Gerindra.

Usulan dua nama calon Wakil Bupati tersebut sebelumnya telah diterima Asisten I Pemkab Lampura, Mankodri, mewakili Bupati di Rumah Dinas Bupati pada 15 Maret 2022 kemarin, sebelum diserahkan ke DPRD Lampura. (Pis)