Peringati Bulan Bung Karno, BMI Jabar Gelar Lomba Desain Poster dan Video

Kota Bandung, Kabarsebelas.com – Peringati Bulan Bung Karno di bulan Juni tahun ini, Banteng Muda Indonesia (BMI) Provinsi Jawa Barat menggelar lomba desain poster Bung Karno khusus pelajar dan mahasiswa.

Selain itu dilaksanakan juga lomba video vlog/dokumenter yang terbuka untuk umum bertema Bung Karno dan Pancasila serta Bung Karno Sang Proklamator.

Ketua BMI Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan lomba ini bertujuan untuk menggali kreativitas generasi muda dalam mengaplikasikan nilai Pancasila,

“Bagaimana nilai-nilai Pancasila yang merupakan sumber dari pendidikan karakter bagi generasi muda dapat diterima dan dimaknai secara sederhana.
Harapannya lomba dapat menjadi sarana untuk membumikan nilai karakter itu yang diwujudkan dalam hasil karya mereka,” tutur Wakil Ketua DPRD Jabar ini, Kamis (9/6).

Ineu mengatakan Juni diperingati sebagai ‘Bulan Bung Karno’ lantaran di bulan ini penuh dengan peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan Bung Karno.

Pada 1 Juni 1945, di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan, Bung Karno untuk kali pertama menyampaikan gagasan tentang lima sila dasar negara, yang dinamakan Pancasila.

”Dari hasil pemikiran serta menggali kearifan dan tradisi rakyat, Bung Karno menyampaikan tentang Pancasila di depan seluruh tokoh bangsa dari berbagai daerah di Tanah Air. Hari itulah, 1 Juni, yang kini kita ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila,” ujarnya.

Kemudian, hari bersejarah lainnya adalah 6 Juni 1901, ketika Bung Karno lahir di Surabaya ketika fajar menyingsing. Tahun kelahiran juga menandai pergantian abad.

”Sang Ibunda sudah meyakini bahwa Bung Karno akan menjadi pemimpin besar bagi rakyatnya. Beliau juga dikenal sebagai Putra Sang Fajar,” ungkapnya.

Lomba peringatan Hari Lahir Pancasila berlangsung selama bulan Juni mulai dari tanggal 6 sd 30 Juni 2022 sebagai durasi untuk pendaftaran dan upload karya.

Pengumuman para pemenang di masing-masing kategori yaitu pada tanggal 17 Juli 2022

Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp.10 juta.

Info Syarat & Pendaftaran melalui Link bio instagram @bulanbungkarno_tehineu
atau nomor Whatsapp 082115780579.***