Hamka Haq: Tugas PDI Perjuangan Untuk Mengawal Pancasila

Kabarsebelas.com – Ketua DPP PDI Perjuangan, Hamka Haq menyebutkan bahwa peristiwa perebutan kekuasaan pemerintahan oleh Taliban di Afghanistan memiliki potensi untuk mempengaruhi gerakan dan taktis kelompok radikal di Indonesia.

Dia menjelaskan, secara historis konflik di Afghanistan telah terjadi sebagai akibat dari perang dingin perebutan kekuasaan dan pengaruh dari dua kekuatan dunia masa itu, antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

“Jadi sebenarnya mujahidin awalnya itu dibantu Amerika untuk berperang dengan Soviet. Itu pada awalnya dibantu oleh Amerika, namun dalam faksi-faksi islam ini terjadi konflik antara Mujahidin ini dengan Taliban,” terang Hamka Haq dalam kegiatan Webinar yang bertajuk Dampak Perubahan Politik Afganistan Terhadap Ketahanan Ideologi Indonesi yang diselenggarakan oleh Badiklatda DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Jumat (17/9).

Hadir juga sebagai Panelis pengamat geostraregis Dr. Conie Rahakundini Bakrie,kegiatan dibuka oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno,acara dipadu oleh Yordan Batara Goa,diikuti oleh 500 lebih peserta dari para kader dan masyarakat umum. Hadir juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim yg juga kepala Badiklat Daniel Rohi

Konflik yang terjadi di Afganistan kemudian menarik masuknya aktor-aktor baru seperti kelompok radikal seperti Al-Qaeda dan Islamic States of Iraq and Syria (ISIS).

Belajar dari peristiwa yang terjadi di Afganistan, Hamka Haq berpandangan pengaruh ideologi radikal kanan juga tengah berupaya menghegemoni pandangan masyarakat Indonesia.(rls)