Awas Modus Baru, Maling Teriak Maling!!!

KABARSEBELAS.COM – Praktik pencurian kendaraan bermotor masih awam dijumpai di tengah masyarakat dengan berbagai modus operandi. Termasuk dengan pencuri yang tak segan menuduh balik pemilik asli kendaraan bermotor yang hendak dirampasnya.

Peristiwa ini terekam di video yang diviralkan oleh akun TikTok @senjasore1681. Di video tersebut tertulis keterangan bahwa sang pencuri sudah berniat merampas sepeda motor milik anaknya, namun akhirnya gagal karena kepergok warga.

Tak disangka, situasi tersebut bukannya membuat sang pencuri segera kabur meninggalkan lokasi. Maling itu malah berbalik menuduh calon korbannya sebagai pencuri hingga hampir membuatnya dipukuli warga.

“Maling teriak maling. Mau ngerampas sepeda anakku kepergok banya warga malah nuduh anak laki-laki ku maling,” tutur pemilik konten, seperti dipantau Suara.com pada Senin (24/1/2022). “Untung kakaknya cepet datang jadi gak sampek di pukuli massal warga.”

Karena itulah, pemilik konten mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap modus baru pencurian motor semacam ini. Sebab bisa jadi masyarakat malah termakan tipuan dari sang pencuri dan membuat korban berbalik dihakimi massa.

“Modus baru mau ngerampas sepeda malah nuduh pemiliknya,” kata pemilik konten tersebut.

Tampak di video tersebut seorang pria berpakaian merah yang bersikap seolah ia pemilik asli dari sebuah sepeda motor. Ia terlihat mengelilingi sepeda motor tersebut, diiringi dengan seruan tidak terima sebagai latar belakang.

“Kalau ada buktinya mana, keluarkan sertifikatnya, KTP-nya, BPKB-nya,” ujar seorang perempuan, sepertinya merupakan perekam video, menggunakan bahasa Jawa. “Ini saya rekam saya kirimkan ke kakak saya ya.”

Pria berpakaian merah itu kemudian berbicara dengan warga sekitar, meski tidak jelas apa yang dibicarakan. Namun perempuan yang merekam video tersebut masih menyuarakan rasa protesnya.

“Kok bisa bilangnya kita maling,” kata perempuan tersebut. “Anda bilang kita maling apa ada buktinya?” imbuh seorang laki-laki yang kemungkinan juga calon korban pencurian sepeda motor tersebut.Warganet pun langsung memviralkan video TikTok tersebut serta meninggalkan komentar yang mendukung agar sang pencuri segera digelandang ke kantor polisi.

“Kalo memang punyanya kan tau nopolnya, bawa ga dia STNK-nya suruh cocokin…bawa ke kantor polisi aja itu,” tulis warganet.

“Modus itu .. beberapa bulan yang lalu viral di jakarta ..” timpal warganet lain.

“Lah anakku juga pernah digituin katanya motor ninja punya dia yang digadaikan lihat-lihat motornya katanya dah diganti semua padahal bpkb sama stnk dirumah..,” ujar warganet.

“Wuah.. modus baru, thanks next kalo ketemu macam ini, langsung barengan ke kantor polisi,, aman perkara,” imbuh yang lain.

“Sama kemaren hp modus curi HP nuduh orang malingin hpnya pas disuruh buka ngakunya mirip hpnya,” ungkap warganet lain menceritakan kejadian serupa.

Meski demikian, banyak warganet yang mengingatkan agar berhati-hati dengan situasi seperti ini. Sebab belum lama ini seorang lansia diteriaki maling hingga meninggal diamuk massa di Pulogadung, Jakarta Timur.