PMII Kabupaten Bekasi Minta Proses Tahapan Seleksi Calon Dewan Pendidikan Harus Transparan

Bekasi, Kabarsebelas.com – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Bekasi meminta agar pelaksanaan seleksi calon anggota dewan pendidikan kabupaten bekasi periode tahun 2022 – 2027 di buka secara transparan.

Pihaknya menilai ada indikasi peserta yang memalsukan surat rekomendasi.

“Saya minta agar latar belakang para peserta calon dewan pendidikan di buka secara transparan agar publik tau latar belakang para calon,”kata Sanusi Wakil Ketua II Pengurus Cabang PMII Kabupaten Bekasi, 2/9/2022.

Proses seleksi calon dewan pendidikan yang sebagian besar di apresiasi oleh berbagai pihak karena dilaksanakan melalui tahapan yang dipandang cukup profesional, mendapat kritikan tajam dari Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Bekasi.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa dalam proses tahapan pemilihan, dilaksanakan tanpa adanya transparansi publik khususnya terkait dokumen rekomendasi para peserta dan mekanisme penilaian dari setiap tahapan seleksi yang dilakukan.

“Saya ajak semuanya untuk memperhatikan dari setiap pengumuman yang disampaikan oleh panitia pemilihan melalui laman atau website yang dibuat, apakah ada keterangan yang memuat terkait latar belakang para peserta dan mekanisme penilaian ?. Setahu saya itu tidak ada,”katanya.

Menurut Sanusi, dalam hal itu Panitia Pemilihan tidak ada transparansi publik, harusnya dibuka dong dan disampaikan juga pada website yang dibuat.

“Tujuannya, agar masyarakat dapat mengetahui secara detail latar belakang calon keanggotaan dewan pendidikan seperti apa, jangan sampe ada istilah beli kucing dalam karung bagi masyarakat kabupaten bekasi terhadap latar belakang dewan pendidikan nya,”tegasnya.

Perlu diketahui pelaksanaan seleksi calon anggota dewan pendidikan kabupaten Bekasi periode tahun 2022-2027 telah memasuki tahap akhir seleksi pada tanggal 31 Agustus 2022.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan panitia seleksi, melalui laman dewanpendidikan.bekasikab.go.id terdapat sebelas nama calon keanggotaan dewan pendidikan kabupaten bekasi terpilih yang telah melalui tahapan seleksi administrasi, seleksi test tulis, seleksi makalah, dan seleksi assessment kompetensi yang dilaksanakan dari tanggal 8 Agustus 2022 sampai tanggal 31 Agustus 2022.

Setelah selesainya seluruh tahapan proses seleksi, selanjutnya Panitia Pemilihan Dewan Pendidikan Kabupaten Bekasi sesuai kewenangannya memfasilitasi keanggotaan dewan pendidikan terpilih menyusun kepengurusan berdasarkan hasil musyawarah mufakat dari sebelas orang anggota dewan pendidikan terpilih, selanjutnya diusulkan kepada Bupati Bekasi untuk ditetapkan.***