Pulihkan Ekonomi, Pemkab Karawang Gelar Gebyar Bazar UMKM

Karawang, Kabarsebelas.com – Di tengah pandemi covid 19, UMKM menjadi salah satu dari banyaknya industri yang terdampak secara ekonomi.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah daerah karawang gencar menggelar pameran produk unggulan. Salah satunya melalui kegiatan Gebyar Bazar UMKM Karawang 2021, Kegiatan yang di laksanakan di Resinda park mall tersebut secara resmi dibuka langsung oleh bupati karawang, cellica nurrachadiana.

Bupati Cellica dalam mengatakan, produk UMKM Karawang memiliki potensi pasar yang cukup terbuka luas. Dan, sektor ini digadang-gadang dapat membantu pemulihan perekonomian masyarakat dalam situasi pandemi covid 19 saat ini.

“Sektor ekonomi kerakyatan ini cukup strategis. Karenanya, pemerintah kabupaten melalui dinas-dinas terkait konsen dan komitmen untuk terus mengembangkan dan memajukan UMKM Karawang,” ujar Bupati.

Bupati menjelaskan, dinas-dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindag dan dinas lainnya harus memberikan fasilitas kemudahan baik perijinan maupun pengembangan modal usaha. Modal usaha ini bukan dalam bentuk uang, akan tetapi berupa peralatan sebagai penunjang produksi.

“Karawang punya 5000-an pelaku UMKM yang harus bisa di optimalkan, baik dari kualitas produk, kemasan, pemasaran, dan lainnya, sehingga dapat berkompetisi di tingkat nasional maupun global. Saya berharao, pada tahun 2022 mendatang, UMKM Karawang sudah bisa lebih maju, dan mampu memberi kesejahteraan masyarakat,” harap Bupati.

Bupati menambahkan, untuk mendongkrak pertumbuhan dan pemasaran produk UMKM Karawang, Bupati meminta untuk meningkatkan kerjasama dengan perusahaan – perusahaan ataupun pelaku industri di Karawang untuk menggunakan aneka produk UMKM Karawang.

“Kerjasama tersebut saat ini sudah berjalan dengan baik, dan tinggal terus ditingkatkan,” ujar Bupati.

Sedangkan untuk pelaku UMKM, Bupati berharap dapat terus melakukan inovasi produk.

“Dalam satu lingkup keluarga (red-pelaku UMKM) hendaknya juga saling mendukung untuk kemajuan usahanya. Semakin maju usahanya, maka akan semakin meningkat kesejahteraan keluarga,” jelas Bupati.

Dalam Bazar UMKM Karawang 2021 diikuti sebanyak 200-an pelaku UMKM dengan aneka produk yang dihasilkan. Mulai dari produk makanan, minuman, perikanan, kerajinan dan produk-produk khas Karawang dipamerkan di bazar ttersebut.

Program peningkatan ekonomi ditengah pandemi yang di gelar oleh pemerintah daerah karawang tersebut selaras dengan kegiatan yang di gencarkan oleh pemerintah provinsi Jawa barat.

Gubernur Jawa barat, Ridwan kamil beberapa pekan pernah mengatakan bahwa,
salah satu upaya pemerintah membantu para pelaku usaha termasuk UMKM tetap tumbuh di tengah pandemi, adalah menggelar bazar bazar di daerah, termasuk dengan mengakselerasi adopsi platform digital seperti pasar daring atau marketplace. Mengingat pergeseran perilaku belanja masyarakat dari offline ke online di Jabar terus meningkat selama pandemi Covid-19.

“Hal ini gencar dilakukan oleh pemerintah Jawa Barat, demi mendorong laju perekonomian daerah yang selama ini terdampak pandemi Covid-19,” kata dia.(red)