PT. Pupuk Kujang Renovasi Rumah Tidak Layak Huni Milik Veteran di Telukjambe Barat

Karawang, Kabarsebelas.com – PT Pupuk Kujang Cikampek meresmikan hasil renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) milik Ibu Rasnem (71), isteri mendiang Bapak Ata, seorang veteran asal Karawang di Desa Kaligandu, Kecamatan Telukjambe Barat, Rabu (5/10/2021). Hal itu dilakukan untuk membantu isteri pejuang menempati rumah yang layak, sehat dan aman.

Di usianya yang sudah senja, Ibu Rasnem hidup dalam keterbatasan. Setelah ditinggal suaminya, Rasnem hidup di rumah yang tidak layak huni. Selama bertahun-tahun, Ibu Rasnem hidup di rumah bilik berlantai tanah, atapnya bocor dan hampir roboh.

Semenjak ditinggal keluarganya, Ibu Rasnem tak pernah merasakan empuknya kasur. Setiap hari, ia tidur di balai bambu. Selembar kasur tipis jadi alas tidur isteri pejuang itu.

Melihat ada isteri veteran masih tinggal di rumah tak layak, Pupuk Kujang bergerak untuk membantu dan berkoordinasi dengan Kodim dan Pemkab Karawang. Tak perlu waktu lama, sejumlah tentara mendatangi rumah Ibu Rasnem. Mereka membawa bahan bangunan. Bersama sejumlah warga, para tentara ini bahu membahu merenovasi rumah lansia itu.

Dalam renovasi rumah Ibu Rasnem tersebut, Pupuk Kujang memang bersinergi dengan Kodim 0604 dan Pemda Karawang.

Ade Cahya Kurniawan, Sekretaris Perusahaan Pupuk Kujang Cikampek menuturkan, di hari TNI ke-76 ini, perusahaan dan seluruh insan Pupuk Kujang turut meneladani jasa-jasa para pejuang. Karena itu, perusahaan mengambil peran dalam upaya menolong isteri veteran tersebut.

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Pupuk Kujang kepada pejuang yang turut membawa kemerdekaan. Di hari TNI ke-76 ini, seluruh Insan Pupuk Kujang meneladani jasa para pejuang supaya tetap semangat dalam membangun negeri melalui sektor pertanian sebagai ketahanan pangan nasional,” kata Ade, Selasa (5/10/2021).

Kolonel.Inf Medi Hariyo Wibowo, Dandim 0604 Karawang menuturkan, renovasi rumah tersebut merupakan bentuk kepedulian dari generasi muda kepada pendahulu. Dalam hal ini Almarhum Bapak Ata selaku pejuang.

“Kolaborasi ini mudah-mudahan menjadi pengingat dan jadi upaya bersama dalam menghargai jasa-jasa pejuang,” kata Medi.

Setelah melihat rumahnya selesai direnovasi, Ibu Rasnem nampak terharu. Hal itu juga pembuktian bahwa pengorbanan jasa suaminya sebagai pejuang tidak pernah dilupakan. Usai renovasi tersebut, Ibu Rasnem menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pupuk Kujang, Kodim dan Pemkab Karawang. “Terima kasih sudah baik dan perhatian sama emak isteri pejuang,” kata Ibu Rasnem.

Di tahun ini, Pupuk Kujang telah membantu merenovasi 4 unit rumah tidak layak huni di Karawang. “Diantaranya tiga unit rutilahu di dekat perusahaan,” kata Agung Gustiawan VP PKBL Pupuk Kujang.(red)