DPRD dan Bupati Karawang Jangan Apatis Soal Usulan Pemekaran Kota Cikampek

Cikampek, Kabarsebelas.com – Persatuan Anggota Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Karawang meminta DPRD dan Bupati Kabupaten Karawang jangan cuek terhadap usulan pemekaran Calon Daerah Otonom Baru (CDOB) Kota Cikampek.

Usulan pemekaran CDOB Kota Cikampek dari Kabupaten induknya yaitu Kabupaten Karawang itu legal dan sah sebagai mana yang di atur dalam undang undang no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

“Kami dari PABPDSI Kabupaten Karawang akan mendukung terus untuk terwujudnya pemekaran kota Cikampek. Karena, ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan maupun pelayanan publik serta pemerataan pembangunan buat masyarakatnya, dan ketika pamekaran ini terwujud, maka kabupaten yang melakukan pemekaran akan sama sama maju dan berdampak positif baik kabupaten induk maupun yang di mekarkanya,”kata Deden Dani Mahendra M.Pd Selaku sekjen PABPDSI Karawang, Jumat (24/9/2021).

Lanjut Deden, jumlah penduduk di Jawa Barat lebih banyak dan padat, sedangkan jumlah kabupaten/kota hanya 27 kabupaten/kota, sedangkan propinsi Jawa Timur yang penduduknya di bawah Jawa Barat, jumlah kabupaten/ kota sebanyak 38
kabupaten kota, begitu pula dengan Jawa Tengah jumlah kabupaten/kotanya sebanyak 35 kabupaten/kota.

Ini adalah salah satu kerugian buat rakyat propinsi jawa barat, karena sebuah propinsi kalau jumlah kabupaten/ kota sedikit otomatis anggara berupa APBN yang diterima lebih kecil sebaliknya kalau sebuah propinsi jumlah kabupaten / kota lebih banyak maka anggaran berupa APBN juga lebih besar.

“Di kabupaten Karawang ini juga, jumlah penduduk yang ada di sebagian desa juga sudah padat, karena tidak adanya pemekaran desa dan ini akan menjadi sulit, untuk terwujudnya desa desa yang ada Jawa Barat untuk maju,”tukasnya.(red)