BMI Jabar Peduli Pemuda Lapas, Ineu Purwadewi Sundari Apresiasi Kreasi Seni Warga Binaan

BANDUNG,- Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengapresiasi beragam karya hasil kreasi dari warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bandung.

Tak hanya mampu membuat kerajinan tangan, para warga binaan Lapas ini juga mampu menampilkan kebolehannya dalam pentas seni.

“Kami sangat mengapresiasi kreatifitas para warga binaan yang masih berusia muda. Setidaknya di masa pandemi covid-19 ini mereka dapat unjuk bakat walaupun dilakukan secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat. Tapi kami sangat senang dapat bersilaturahmi, bisa tiktokan bareng,” kata Ineu disela kegiatan Apresiasi Kreasi dan Sharing Session Bersama Anak Negeri yang digelar DPD BMI Jawa Barat di LPKA Kota Bandung, Senin (22/11).

Menurut Ineu, lembaga pemasyarakatan memang harus berfungsi sesuai dengan​ namanya, yaitu memasyarakatkan​ warga binaan sehingga saat mereka keluar dari lembaga pemasyarakatan dapat bersaing dan bertahan dengan lingkungannya dengan baik dan akhirnya mereka dapat hidup lebih baik, mapan dan sejahtera.

Apalagi, kata Ineu, warga binaan di LPKA ini masih di kisaran usia 14 – 18 tahun sehingga masih membutuhkan bimbingan. Sehingga, kata Ineu, dalam kegiatan ini pihaknya juga mengadakan sesi khusus motivasi dan pohon harapan.

“BMI sebagai sayap partai selain konsolidasi di internal kami juga melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Di masa pandemi covid-19 BMI Jabar juga tak pernah absen melakukan kegiatan sosial membantu masyarakat terdampak covid. Kegiatan kali ini masih dalam rangkaian Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, dan kami mendengarkan yang menjadi harapan anak di lapas,” beber Wakil Ketua DPRD Jabar ini.

Ineu menambahkan, tak hanya berhenti sampai disini namun BMI Jabar juga menjalin kerjasama intens dengan LPKA diantaranya senam bersama tiap Jumat dan juga beragam pelatihan untuk warga binaan.

“Harapannya, apa yang kami lakukan ini setidaknya menjadi bekal bagi kehidupan mereka selanjutnya dan menumbuhkan potensi mereka untuk mengembangkan diri,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut BMI Jabar juga memberikan bantuan berupa bingkisan berisi makanan ringan, perawatan badan, obat-obatan dan juga sertifikat. Tak hanya itu, usai kegiatan, BMI Jabar berbagi makanan kepada anak-anak jalan, tukang ojek dan petugas sampah. (*)