Top! 1,9 Juta Warga Kota Bandung Sudah di Vaksin

Bandung, Kabarsebelas.com – Vaksinasi covid-19 terhadap masyarakat yang di lakukan oleh pemerintah kota bandung untuk pembentukan herd immunity sepertinya dapat tercapai lebih awal di akhir tahun 2021. Dan kini, penanganan covid-19 di Kota Bandung akan dievaluasi.

Vaksinasi dosis pertama saat ini sudah mencapai 79.12 persen atau sebanyak 1.554.776 orang sedangkan dosis kedua sebanyak 1.006.859 orang atau 51 persen lebih. Total sasaran vaksinasi terhadap masyarakat di Kota Bandung mencapai 1.9 juta lebih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan apabila herd immunity sudah terbentuk maka evaluasi akan dilakukan disesuaikan dengan regulasi yang ada. Pihaknya juga akan mengevaluasi sektor-sektor lainnya di kehidupan masyarakat.

“Kita harus tetap bagaimana pun evaluasi itu tidak boleh kendor dan disesuaikan dengan regulasi yang ada. Bandung kita terima aja level 3 yang penting bukan main di level tapi progres kita harus terukur,” ujar Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna, Kamis (23/9).

Ia menuturkan, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga bagi sumberdaya kesehatan akan terus digenjot. Termasuk kemungkinan vaksinasi dosis ketiga untuk masyarakat masih menunggu kebijakan pemerintah pusat.

“Bagaimana pun tergantung ketersediaan vaksin kemudian juga di semua sektor harus dievaluasi di pendidikan, ekonomi kegiatan sosial lain itu harus semua evaluasi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar program vaksinasi massal bertajuk Gebyar Vaksinasi Jabar Juara dalam rangka menuju 37 juta warga Jabar tervaksin hingga Desember 2021.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, Dengan jumlah penduduk hampir 50 juta, pihaknya memasang target 500.000 vaksinasi per hari, di atas provinsi lain yang masih 200.000 dosis per hari.

“Kalau betul bisa kita kejar hari ini kita pecah rekor. Saya meminta semua pihak bersama-sama menyukseskan program vaksinasi. Demi pembentukan kekebalan komunal, minimal Jabar harus memvaksin 37 juta orang. Untuk itu butuh 15 juta dosis vaksin per bulan,” imbuhnya.(red)