Percepat Vaksin Covid-19, Satgas Rencanakan Sebar Bidan Ke Pelosok Desa

Bandung – Untuk mempercepat program vaksinasi COVID-19, berbagai macam langkah sudah di lakukan pemerintah. Hal ini untuk mengejar target 37 juta warga Jabar divaksin hingga herd immunity bisa terbentuk di akhir tahun nanti. Salah satunya adalah vaksinasi terhadap kelompok lansia.

“Ada yang juga kita butuhkan selain capaian vaksinasi untuk meningkatkan level dari tiga ke dua karena kita juga harus menggenjot pelaksanaan vaksinasi pada lansia. Lansia ini yang masih perlu kita dorong,” ujar Wakil Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satgas Penanganan COVID-19 Jabar sekaligus Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Atalia mengaku, salah satu hal yang menjadi kendala vaksinasi lansia adalah masalah akses. Dimana banyak kelompok lansia yang kesulitan untuk datang ke tempat-tempat sentra vaksinasi yang tersedia.

“Saya tadi saya sampaikan bidan desa ini akan menjadi salah satu solusi bisa kita ambil. Saya membayangkan di Jabar ini ada 9.500 bidan desa yang sudah terlatih. Jadi kalau kita bayangkan bahwa yang sudah siap adalah 6.000 sampai 9.000, kalau itu bisa masuk ke wilayah-wilayah terjauh jadi tidak di sentra vaksin saja akan lebih banyak masyarakat yang terfasilitasi,” jelas Atalia.

Sementara itu Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan masyarakat Jawa Barat yang sudah di vaksin mencapai 30 juta orang.

“30 Juta dosis sudah di suntikan ke masyarakat Jabar,”kata Ridwan Kamil, saat sambutan di webinar Pemulihan Ekonomi Daerah, Senin 18/10/2021.

Lanjut Gubernur, pemerintah Jawa Barat menargetkan vaksinasi selesai sampai akhir Desember 2021.

“Kita akan upayakan sampai akhir Desember vaksinasi di Jawa Barat selesai sesuai target,”tukasnya.(red)