Gandeng Puskemas, BIN Kalsel Sebar Ribuan Vaksin di Kabupaten Tapin

Rantau, Kabarsebelas.com – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalsel dalam membantu pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid- 19, menyiapkan dan membawa ribuan dosis vaksin yang disebar ke seluruh Kabupaten dan Kota melalui perwakilannya di Kalimantan Selatan.

Lembaga Pemerintah Nonkementerian Indonesia yang bertugas menjalankan tugas pemerintahan di bidang intelijen itu, setelah sebelumnya (Rabu 10/11) menggelar percepatan vaksinasi bagi para pelajar di SMPN 1 Rantau Kabupaten Tapin.

Kali ini Badan Intelijen Negara (BIN) daerah Kalsel menggandeng Tim Nakes dari Puskesmas Tapin Utara membawa ribuan dosis vaksin Pfizer yang diketahui kali pertamanya di Kabupaten Tapin, kembali menggelar vaksinasi massal dengan target sasaran masyarakat umum terutama lansia bertempat di Kantor Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin, Jumat (12/11/21).

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) BIN daerah Kalsel Drs Supriyono melalui Perwakilan BIN Kabupaten Tapin mengatakan, dalam rangka mendukung  program pemerintah untuk percepatan target capaian vaksinasi dan menjelang persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), kita terjun langsung baik ke masyarakat umum, santri dan pelajar untuk melaksanakan vaksinasi.

“Vaksin itu penting, selain untuk menjaga diri dan keluarga juga untuk selamatkan orang lain serta salah satu upaya untuk mengendalikan Covid-19,” terangnya.

Kabag Ops mengakui, BIN Kalsel saat ini menyiapkan dan menyebar belasan ribu dosis vaksin melalui perwakilannya ke seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Selatan terutama ke daerah-daerah yang secara capaian vaksinasinya masih rendah dengan target sasaran masyarakat umum, santri dan pelajar.

“Kita prioritaskan kabupaten atau kota yang capaian vaksinasinya masih rendah, untuk Tapin sendiri kita bawa sekarang sebanyak 1.587 dosis vaksin Pfizer yang diperuntukan bagi para pelajar dan masyarakat umum terutama para lansia,” jelasnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan berbagai instansi lainnya secara masif gencar melakukan percepatan vaksinasi bagi warga masyarakat umum, santri dan pelajar warga Kabupaten Tapin.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar target capaian vaksinasi 70 persen masyarakat Tapin di akhir tahun tercapai, Ia pun meminta semua pihak serta masyarakat untuk mendukung dan ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program pemerintah terkait vaksinasi.

Terpisah Wakil Ketua 1 DPRD Tapin H Midpay Syahbani saat dimintai tanggapannya mengatakan, ia mengapresiasi langkah BIN Daerah Kalsel yang turun langsung membantu Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi bagi masyarakat umum dan pelajar serta para santri warga Kabupaten Tapin.

“Kami bangga dan sangat mendukung hadirnya BIN dalam turut serta melaksanakan vaksinasi,” ujarnya.

Ia menuturkan, sebagai bentuk semangat kerjasama, kolaborasi dan gotong royong semua elemen serta partisipasi masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19 terutama dalam kedisiplinan Prokes dan program vaksinasi.

“Kesuksesan vaksinasi akan membentuk herd immunity yang merata hingga ke pelosok sehingga kita bisa segera merdeka dari pandemi Covid-19,” pungkasnya.(rls)