Bawa Kunci Letter T, Warga Desa Kemiri Ditangkap Polisi

Karawang, Kabarsebelas.com – Tim Patroli Sabhara Polres Karawang berhasil mengamankan seorang lelaki yang kedapatan membawa kunci letter T.

Seorang lelaki tersebut bernama Adi alias Sardi Bin Sukarya (37) warga Desa Kemiri Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang ini terpaksa diamankan Tim Squad Maung Karawang lantaran saat mengendarai sepeda motor di Jalan Raya Kosambi-Klari, dicurigai hendak melakukan kejahatan.

“Terduga pelaku kami amankan setelah ditemukan beberapa buah kunci letter T pada sepeda motor yang dikendarainya,” kata Kasat Samapta Polres Karawang, AKP Hasanudin Bahar selaku Perwira pengendali (Padal) Tim Patroli Sabhara Maung Karawang kepada Wartawan, Rabu (3/11/2021).

AKP Hasanudin menuturkan, awalnya sekitar pukul 04.00 WIB, tim Patroli Sabhara Maung Karawang yang melakukan Patroli di Jalan Raya Kosambi-Klari mencurigai seorang lelaki yang sedang mengendarai sepeda motor kemudian memberhentikannya. Setelah dilakukan penggeledahan, kata dia, ditemukan beberapa potong Besi berbentuk huruf “T” atau biasa disebut kunci letter T, yang di mana biasa digunakan pelaku kejahatan untuk melakukan pencurian kendaraan sepeda motor (Curanmor).

“Terduga bersama barang bukti termasuk kendaraan sepeda motor yang dipakainya, kami bawa ke Mapolres Karawang untuk selanjutnya kami serahkan ke Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut”, tambah Hasanudin Bahar.

Di tempat terpisah, Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Oliestha Ageng Wicaksana menyampaikan, terduga pelaku beserta barang bukti yang diserahkan tim Patroli Sabhara Maung Karawang, pihaknya langsung melakukan pengembangan. Dan dari hasil penyelidikan serta penyidikan sementara, kaya Oliestha, diketahui pelaku pernah melakukan pencurian kendaraan sebuah sepeda motor Honda Beat warna Magenta Hitam NoPol : T-4691-RS, di wilayah Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang pada bulan Januari 2021 lalu.

“Sesuai dengan Laporan Polisi (LP) Nomor : LP/B-11/I/2021/JBR/RES.KRW/SEK.KLARI pada tanggal 14 Januari 2021, pelaku mengaku telah melakukan pencurian di daerah Klari. Saat ini pelaku sudah kami tahan dengan kasus pencurian kendaraan sepeda motor atau Curanmor sesuai Pasal 363 KUHPidana, dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara”, terangnya.

Oliestha juga mengatakan, timnya masih memburu seorang pelaku lainnya dengan inisial IDIW (DPO) yang merupakan teman tersangka Adi dalam menjalankan aksinya melakukan pencurian sepeda motor. Selain memburu IDIW yang merupakan asal warga Kecamatan Rengasdengklok, Karawang, pihaknya juga memburu sepeda motor hasil curian yang dilakukan tersangka Adi bersama IDIW.

“Sesuai keterangan tersangka, ia bersama temannya yang biasa dipanggil dengan nama IDIW yang melakukan pencurian di wilayah Klari. Tersangka juga mengaku bersama temannya itu, pernah melakukan pencurian sepeda motor di wilayah Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang sebelum akhirnya ditangkap tim Patroli Sabhara Maung Karawang,” tambah Oliestha.

Diketahui bersama, belum lama ini atau lebih tepatnya pada tanggal 15 Oktober 2021, Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono kembali melakukan terobosan inovasi dengan membentuk Squad Maung Karawang, atau saat ini dikenal dengan nama Tim Patroli Sabhara Maung Karawang. Di bawah kendali AKP Hasanudin Bahar, tim Patroli Sabhara Maung Karawang yang beranggotakan sebanyak 30 personil dari Satuan Samapta ini dibentuk untuk menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat di malam hari, dengan tugasnya yang melaksanakan Patroli preventif untuk mengurangi tindak kriminalitas di jalanan, juga menghimbau masyarakat untuk menjaga Protokol Kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

Di ruang kerjanya, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menyampaikan, bahwa ia membentuk Patroli Sabhara Maung Karawang dalam mengimplementasikan program Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. menuju Polri Presisi, yakni diantaranya kebijakan pelayanan publik.

“Masyarakat dapat melaporkan setiap kejadian kepada Polisi melalui program Lapor Pak Kapolres di nomor WhatsApp 082211272003 dan telepon bebas pulsa di nomor 110, yang langsung terhubung kepada petugas Patroli Polres maupun Polsek jajaran Polres Karawang. Silahkan laporkan setiap kejadian ataupun permasalahan yang ada, secepatnya kami respon untuk guna menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat Karawang”, pungkasnya. (Red).