Pemasaran Digital Adalah Kunci Pemulihan Ekonomi Bagi Pelaku UMKM

Bandung, Kabarsebelas.com – Pemerintah tengah menggalakkan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19, UMKM menjadi salah satu sektor yang terpukul. Di sisi lain, UMKM adalah salah satu kunci ekonomi pulih.

Salah satu cara agar UMKM bangkit di masa pandemi adalah pemasaran secara digital sehingga target pasar lebih tinggi, daya beli masyarakat pun meningkat.

“Bidang UKM salah satu solusi meningkatnya ekonomi. Juga ada pemerataan unsur keadilan, hingga tingkat desa ekonominya harus meningkat dan merata,” ujar Uu Ruzhanul Ulum saat Panandatanganan Kerja Sama Penyaluran Kredit Mitra Warung Grosir Digital Indonesia di Hotel Trans Jalan Gatot Subroto Bandung Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Kehadiran wagros diharapkan menjadi wadah UMKM untuk memasarkan produknya secara digital. Dengan begitu, pemulihan ekonomi berjalan lebih cepat.

“Wagros mendorong lahirnya UMKM baru, mendorong mereka yang bergerak ditambahkan modal, ditambahkan barang, pengetahuan, pendidikan teknologi digital pemasaran,” katanya.

Selain UMKM, Pemda Provinsi Jabar juga mendukung perkembangan desa wisata, OVOC (One Village One Company), dan juga dukungan terhadap BUMDes.

Pak Uu mengapresiasi Wagros Digital Indonesia, yang juga bekerja sama dengan Bank BRI Kantor Cabang Bandung. Wagros menjadi wadah bagi para pedagang sekaligus penyedia bahan pokok bagi masyarakat yang dipasarkan secara digital.

“Wagros mendorong lahirnya UMKM baru, mendorong mereka yang bergerak ditambahkan modal, ditambahkan barang, pengetahuan, pendidikan teknologi digital pemasaran,” katanya.

“Bergandengan dengan BRI, bukan hanya soal laba tapi juga tanggung jawab untuk meningkatkan perekonomian rakyat,” tambah Pak Uu.

Pemimpin Wilayah BRI Bandung Ida Bagus Ketut Subagia menyebut sektor UMKM merupakan bisnis utama Bank BRI. Saat pandemi COVID-19 yang melanda merupakan tantangan tersendiri. Berbeda dengan krisis ekonomi yang lain pandemi berdampak banyak pada berbagai sektor.

“Pandemi COVID-19 saat ini berdampak hampir ke suluruh sektor bisnis. Kami akan melakukan segala upaya menyelamatkan UMKM,” kata Subagja.

“Kantor wilayah BRI Bandung, terus mendorong kantor pusat agar KUR terbesar di Jabar, karena pertumbuhan UMKM luar bisa di sini di tahun 2021 kami terus berupaya supaya dapat KUR dua kali lipat dari tahun tahun sebelumnya,” jelasnya.

Pada 2021, terdapat Rp22,5 triliun di mana sampai dengan September pertengahan sudah terealisasi Rp15 triliun, dan sisa Rp7 triliun untuk direalisasikan hingga akhir tahun ini.

“Dengan Wagros, diharapkan pertumbuhan semakin cepat terealisasikan. Wagros diharapkan jadi pintu masuk agar realisasi KUR tercapai, ekonomi tumbuh sesuai yang kita harapkan,” harapnya.(red)